Cara Mendapatkan UANG DARI BLOG dengan Mudah (LENGKAP)

Cara mendapatkankan uang dari blog sebenarnya ada cara yang gampang, dan juga ada cara yang gampang-gampang susah. Tetapi saya akan membagikan cara yang gampang saja karena artikel ini ditargetkan untuk pemula yang mau belajar.

cara mendapat uang dari blog

Mungkin sebagian dari kalian pernah mendengar bahwa blog bisa menghasilkan uang dan membuat kita sukses, itu memang benar dan butuh perjuangan ekstra untuk mencapai kesuksesan dari blog.

Tapi ingat, artikel ini bukanlah tips untuk sukses ngeblog melainkan tips menghasilkan uang dari blog untuk pemula. Sederhana saja, ini sangat mudah dan siapapun dapat mencobanya.

Oke, kita langsung saja mulai. Tetapi satu hal, "Apa tujuan Anda ngeblog?" jika saya menanyakan ini kepada blogger pemula, rata rata mereka menjawab "saya hanya iseng saja" tetapi banyak juga dari mereka yang menjawab bahwa mereka ingin menghasilkan uang dari blog.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan uang dari blog?  baca dulu artikel ini dari awal sampai akhir, bahkan untuk mendapatkan uang dari blog itu mudah dan ini lebih mudah dari yang kita bayangkan.

Tetapi ada satu syarat yang harus dipenuhi, yaitu NIAT. Jika kita tidak ada niat, maka kita tidak mungkin bisa menghasilkan uang dari blog.

Apa langkah awal yang harus dilakukan untuk mendapatkan uang dari blog? Langkah pertama untuk menghasilkan uang dari blog adalah membuat blog. Pastikan Anda memiliki blog, jika belum silakan mendaftar dulu secara gratis di blogspot. Atau Anda ingin mendaftar blog yang mandiri dengan hosting sendiri di Wordpress.org atau Wordpress.com.

Platform blog yang paling mudah menurut saya adalah blogspot dan wordpress, kedua platform tersebut sangat cocok buat pemula ataupun blogger profesional yang ingin menghasilkan uang.

Jika Anda masih pemula, sebaiknya Anda menggunakan blogspot dulu, karena blogspot bisa digunakan untuk menghasilkan uang tanpa modal, berbeda dengan wordpress, apabila Anda ingin menghasilkan uang dari wordpress menggunakan Adsense, maka Anda harus membeli hosting dan domain terlebih dahulu. Oleh karena itu saya menyarankan pemula menggunakan blogspot.

Sekilas Info: Linda Ikeji
Linda Ikeji adalah blogger asal Nigeria yang menghasilkan hingga 12 miliar setiap bulanya, platform blog yang digunakan oleh Linda Ikeji adalah blogspot gratisan. Anda bisa melihat lihat blognya linda ikeji di www.lindaikeji.blogspot.com.

Sampai disini saya anggap Anda sudah memiliki blog, karena kita akan menggunakan blog sebagai tutorial untuk menghasilkan uang.

Baik, langsung saja kita mulai langkah demi langkah untuk mendapatkan uang dari blog, simak baik baik dibawah ini:

Ingat ya sob, ini adalah tutorial cara menghasilkan uang dari blog, bukan tutorial sukses dari blog. Jika Anda ingin membaca artikel yang berjudul "Cara sukses ngeblog" Saya belum menyediakan artikel tersebut karena saya sendiri belum sukses dari blog.

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog

... ...

A. Mendaftar Sebagai Pengiklan


Mendaftar sebagai pengiklan atau disebut juga sebagai "publisher". Saya akan menggunakan cara yang paling mudah, mengingat artikel ini ditargetkan untuk pemula yang ingin belajar menghasilkan uang dari blog.

Biasanya para blogger yang sudah profesional, mereka mendaftar sebagai publisher di Google Adsense (GA). Tetapi saya tidak merekomendasikan cara ini untuk Anda, karena Anda masih pemula dan masih belajar. Cara dan syarat yang harus dipenuhi untuk mendaftar sebagai publisher GA juga tidak mudah.

Oleh karena itu saya merekomendasikan Anda untuk mendaftar sebagai publisher yang gampang-gampang saja, yang syaratnya mudah dan tanpa ribet.

Lalu di situs mana saya harus mendaftar sebagai publisher iklan? Saat ini banyak sekali advertisment yang siap untuk Anda mendaftar. Saya tidak akan menyebutkan semuanya, melainkan hanya 3 saja sebagai contoh. Diantaranya adalah:


1. kliksaya.com

Kliksaya adalah situs periklanan PPC Indonesia yang cukup terkenal. PPC adalah singkatan dari Pay Per Click, yang artinya Dibayar Per Klik. Lebih jelasnya lagi Anda akan dibayar apabila ada orang yang mengeklik iklan di blog Anda.

Berapa jumlah yang akan dibayar oleh kliksaya untuk Anda? - Anda akan dibayar Rp 600 rupiah pada setiap iklan yang telah di klik oleh pengunjung blog Anda.

Misalkan pengunjung blog Anda ada seribu orang per hari, : dan misalkan 10% dari seribu orang tersebut telah mengeklik iklan yang terdapat di blog Anda, maka Anda akan mendapatkan uang senilai 100 x 600 = Rp 60.000 rupiah perhari. Jika dikalikan dalam sebulan maka Anda akan mendapatkan Rp 1.800.000 rupiah setiap bulanya.

Bagaimana menurutmu? Lumayan kan bisa buat beli kouta internet? Bisa saja penghasilan Anda lebih besar dari itu, dan bisa juga lebih kecil. Jika Anda ingin mendaftar sebagai publisher di kliksaya, silakan mendaftar langsung klik DISINI.

Untuk kliksaya, sepertinya saat ini sudah tutup, karena situsnya tidak bisa diakses sampai sekarang.

2. PopAds.net

Berbeda dengan kliksaya. PopAds.net bukanlah PPC, melainkan PPV. PPV adalah singkatan dari Pay Per View, yang artinya Dibayar Per Tayang. Lebih jelasnya Anda akan dibayar setiap kali iklan dilihat oleh pengunjung blog Anda.

Berapa jumlah yang akan dibayar oleh PopAds.net untuk Anda? PPV berbeda dengan sistem PPC. Anda akan di bayar per seribu kali tayang iklan (PPV). Anda akan dibayar per satu kali klik (PPC). PopAds membayar Anda minimal $ 4 USD per seribu tayang.

Jika blog Anda memiliki pengunjung seribu per hari, maka penghasilan anda per bulan Adalah 4 x 30 = 120 Dollar, atu setara dengan Rp 1.600.000 rupiah per bulan.

Tentu saja jumlah ini hanya perkiraan saya saja, Anda dapat menghasilkan lebih besar lagi dari itu. Lumayan kan daripada cuma ngabisin kouta internet, mending manfaatkan internet untuk menghasilkan uang.

Apabila Anda ingin menjadi publisher dari PopAds.net, maka silakan mendaftar klik DISINI.

3. Iklan Mandiri

Apa itu iklan mandiri? Iklan mandiri adalah iklan yang berdiri sendiri tanpa melalui perantara. Maksud saya, memasang iklan mandiri adalah iklan tanpa melalui kliksaya, Adsense, PopAds dan sejenisnya.

Penjelasan iklan mandiri:

Untuk memasang iklan mandiri, pemilik blog harus melakukan meeting dengan orang yang mau memasang iklan.

Contoh: Di bagian sidebar pada sebuah blog sering terdapat baner yang bertulisan "Pasang iklan Anda disini, untuk memasang iklan di blog ini silahkan hubungi kami terlebih dahulu."

Kemudian pembaca baner tersebut akan menghubungi pemilik blog, dan mereka melakukan pembahasan untuk memasang iklan.

Setelah mereka setuju dan harga sudah sesuai, maka pemilik blog akan menampilkan iklan di sidebar yang sudah disepakati oleh penerbit iklan maupun pengiklan.

Kurang lebihnya seperti itu, saya sendiri belum pernah menampilkan iklan mandiri.

4. Google Adsense (baca dulu)

Banyak blogger sukses di tanah air hanya dengan menjadi publisher Google Adsense (GA). Kita ambil saja contohnya "Mas Eka Lesmana". Eka lesmana adalah seorang blogger yang memanfaatkan GA sebagai penghasilan utamanya.

Berapa penghasilan Eka Lesmana? Ratusan Juta rupiah setiap bulanya. Waw, apa tidak bikin kita ngiler? tonton video wawancara dengan Eka Lesmana DISINI.

INGAT!, Untuk menjadi publisher Google Adsense syaratnya tidak mudah, jika Anda pemula yang baru mulai belajar menghasilkan uang dari blog, saya tidak menyarankan untuk segera mendaftar GA, tetapi gunakan Kliksaya atau PopAds saja dulu.

Tetapi sebelumnya saya anggap kalian sudah tahu bagaimana cara memasang iklan di blog. Setelah Anda tahu bagaimana cara memasang iklan di blog. Silahkan menjadi publisher iklan di blog.

Selain menjadi publisher iklan, ada juga cara yang kedua dibawah: ( B )

... ...

B. Ikutan Afiliasi

Apa itu afiliasi? Afiliasi adalah menawarkan barang atau jasa yang bukan milik kita sendiri, dan kita akan mendapat komisi dari barang atau jasa yang terjual melalui kita. Ingin lebih jelas mengenai afiliasi? Silahkan searching saja.

Afiliasi seringkali dilakukan pada saat penjualan rumah, mobil, apartement, dan lain lain. Tetapi dalam dunia blog, kita tidak akan menjadi afiliasi penjualan tersebut, kecuali jika blog kita memang bertujuan untuk menyalurkan penjualan rumah dan apartement.

Jadi? Apa yang harus kita lakukan dengan afiliasi? Syarat pertama yang wajib adalah kita harus memiliki blog dan pengunjung.

Didalam sebuah blog, kita akan membuat artikel yang membahas tentang sebuah produk atau jasa, atau bisa juga layanan. Dan dibawah ini saya akan menjelaskan secara detail mengenai artikel untuk afiliasi produk, dan layanan.

1. Afiliasi produk (misalnya dari Lazada)

Saya akan memberikan contoh yang mudah, misalkan kita membuat artikel tentang teknologi, lebih tepatnya adalah smartphone, dan lebih tepatnya lagi adalah review kelebihan dan kekurangan smartphone tersebut.

Maka produk yang akan kita afiliasikan adalah smartphone. Nah, jika ada yang membeli smartphone tersbut, maka kita akan kecipratan untung. Lebih jelasnya baca dibawah:

Mengapa menggunakan Lazada? Sebenarnya kalian juga bisa menggunakan afiliasi dari situs lain, misalkan elevenia, ebay, amazon, dan lain lain. Saya menggunakan lazada hanya sebagai contoh saja.

Untuk menggunakan afiliasi lazada, kalian harus mendaftar dulu, dan sampai disini saya anggap kalian sudah mendaftar sebagai afiliasi di lazada, jika kalian belum mendaftar, maka silakan untuk mendaftar dulu klik DISINI. Tenang saja, caranya mudah dan sederhana kok.

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai afiliasi lazada, amazon, dan lain lain. Silahkan searching saja setelah membaca artikel ini. Sudah jelas? mari dilanjutkan.

Setelah Anda terdaftar sebagai lazada afiliate, Anda bisa menyertakan script atau link afiliasi yang sudah Anda dapatkan dari lazada.

Jika ada pengunjung blog yang mengeklik link tersebut dan membeli produknya, maka Anda akan mendapatkan 10% dari keuntungan produk yang terjual melalui afiliasi Anda.

2. Afiliasi Jasa atau Layanan

Tidak jauh berbeda dengan afiliasi produk. Afiliasi layanan juga akan memberikan komisi untuk kita jika mereka mendapat pelanggan melalui kita. Ini sangat umum bagi para blogger- blogger di Indonesia

Saya ambil contoh yang mudah saja, misalkan saya mendaftar akun di idwebhost, lalu saya mengaktifkan afiliasi. Perlu diketahui bahwa idwebhost adalah layanan hosting terpercaya di Indonesia.

Kemudian saya membuat artikel tentang "7 Layanan hosting terbaik di Indonesia" nah, didalam artikel tersebut saya meletakan link afiliasi saya yang mengarah ke idwebhost

Jika seseorang mengeklik link tersebut dan mendaftar hosting di idwebhost, maka saya akan mendapatkan komisi 10% dari idwebhost

Baik sudah cukup, sepertinya kita mau lanjut ke study yang berikutnya, tetapi karena artikel ini terlalu panjang, sebaiknya kita istirahat dulu.

... ...

C. Menjual jasa atau produk sendiri


Sepertinya saya sudah pernah membahas ini di artikel saya yang berjudul "Apa untungnya ngeblog?" Jika kalian ingin membacanya, silakan di klik saja.

Ngeblog adalah aktifitas yang sangat cocok untuk membangun hubungan baik terhadap kepercayaan publik di internet, terlebih jika kita selalu merespon komentar yang masuk dan memberikan solusi. Dengan begitu kepercayaan mereka terhadap kita akan meningkat.

Saat seperti ini adalah saat yang tepat untuk menawarkan jasa atau produk kita kepada pembaca blog kita. Saya akan memberikan contoh yang sudah banyak dilakukan oleh para blogger di Indonesia. Perhatikan baik-baik dibawah ini.

Contoh 1 : Produk.

Di bagian ini, saya akan memberikan contoh yang mudah dan sederhana saja, dan Anda bisa menggunakan cara lain yang menurut Anda lebih mudah.

Misalnya Anda membuat artikel tentang cara menghilangkan jerawat, dan artikel Anda ditulis dengan cara yang sangat jelas dan mudah dipahami ataupun di praktekan. Didalam artikel tersebut tertulis bahwa Anda juga menjual obat untuk menghilangkan jerawat.

Nah, dengan reputasi blog yang baik dan terpercaya di mata publik, ditambah lagi jika artikel Anda sangat meyakinkan pembaca, maka 90% dari pembaca blog Anda akan membeli produk yang Anda tawarkan.

Tidak hanya itu, Jika Anda tidak memiliki produk untuk dijual blog, Anda juga bisa menjual produk milik orang lain dan Anda mendapatkan komisi. Ini juga termasuk afiliasi seperti yang sudah saya jelaskan diatas.

Contoh 2 : Jasa.

Jika Anda pandai menulis, Anda bisa memanfaatkan blog untuk menjual tulisan Anda. Coba kalian ketik di mesin pencari "Jasa Menulis Artikel". end].

Jika Anda membuka jasa menulis artikel, maka dapat dipastikan client Anda akan melihat tulisan Anda di blog. Dan mereka akan menggunakan jasa Anda apabila blog Anda berisi tulisan-tulisan yang berkualitas.

Namun, jika Anda tidak pandai menulis, maka jangan sekali kali membuka jasa menulis artikel. Masih banyak jasa lainya yang mungkin Anda kuasai

Misalnya:
  • Jasa Menulis Artikel

  • Jasa Seo

  • Jasa membuat situs web

  • Jasa lain lain

Saya yakin Anda memiliki kemampuan lain yang bisa dimanfaatkan melalui blog. Tapi ingat! bangun reputasi blog Anda dulu supaya dipercaya oleh pembaca.

... ...

D. Menjual Blog Anda

Menjual Bog? Emang ada yang mau beli? Bukanya membuat blog itu gampang yah? Kan tinggal bikin saja, ngapain mesti beli?.

Oke, Saya sendiri sempat bingung dengan pertanyaan ini, tetapi perhatikan dengan baik pada paragraf-paragraf dibawah ini.

Mengapa mereka membeli blog dan tidak membuat sendiri saja?

Untuk membuat sebuah blog memang mudah, tetapi untuk mendapatkan pengunjung dan mengurus blog itu yang susah, tidak heran jika mereka ingin membeli blog yang sudah memiliki banyak pengunjung dan memiliki reputasi yang baik.

Lalu, Apakah Anda akan menjual blog Anda? Tentu saja ini tergantung pada Anda sendiri. Saran saya jika Anda ingin jual beli blog, maka buatlah blog yang banyak dan urus dengan baik.

Saya sendiri saat ini memiliki 3 blog, tetapi saya tidak berniat untuk menjualnya - kecuali kepepet.

Dimana tempat yang cocok untuk menjual atau membeli blog?

Jika suatu saat Anda kepepet dan ingin menjual blog, maka saya akan merekomendasikan situs dan forum seputar blogger di Indonesia. Berikut ini adalah tempat yang cocok untuk menjual blog Anda.

Kaskus

Kaskus merupakan forum terbesar untuk jual beli online, Anda dapat memanfaatkan kaskus untuk menjual blog Anda.

Grup Facebook

Disini saya sering melihat mereka menjual dan membeli blog, nama grupnya adalah "BLOGER INDONESIA" klik Disini untuk bergabung.

Di blog Anda sendiri

Anda juga bisa menggunakan baner di sidebar yang bertulisan "Blog Ini Dijual, Hubungi 0812 4667 7xxx"

... ...

Sebenarnya masih banyak cara lain untuk mendapatkan uang dari blog, tetapi cukup ini dulu mengingat artikel ini ditargetkan untuk pemula. Jadi yang penting kalian tahu dulu dasar dasarnya untuk mendapatkan uang dari blog.

11 Komentar untuk "Cara Mendapatkan UANG DARI BLOG dengan Mudah (LENGKAP)"

  1. Ane blum brani daftar yang adsense gan,takut ditolak

    BalasHapus
  2. Oleh karena itu saya tidak menyarankan adsense untuk pemula. Tetapi ada juga caranya supaya diterima di google adsense.

    BalasHapus
  3. Saya tertarik juga dengan Google Adsense, tetapi slalu saja ditolak .. hahaha

    BalasHapus
  4. Coba bikin blog yang membahas satu topik dan tulisan sendiri (bukan rewrite). Jika saya mengamati blog agan sepertinya terlalu sering rewrite atau nulis ulang artikel milik orang, dan layoutnya belum friendly.

    BalasHapus
  5. blum brni adsen ane
    kgk ngerti jga soal nya

    BalasHapus
  6. wah sangat menginspirasi,apalagi saya yang sedang merintis blog

    BalasHapus
  7. gan kalau kita iklan orang lain dan kita mau daftar google adsanse bisa gak

    BalasHapus
  8. Kedepan saya mau juga main afiliate marketing. Namun sepertinya saya ingin fokus dalam pay per click dulu. Setelah menghasilkan baru melebarkan sayap menghasilkan uang.

    BalasHapus
  9. Cara Mendapatkan UANG DARI BLOG (lengkap) membantu bisa menghasilkan dengan mudah

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel