5 Cara Jitu Meningkatkan Visitor Blog yang SEPI Pengunjung


Cara meningkatkan visitor blog yang sepi pengunjung sebenarnya gampang gampang susah. Mau dibilang gampang? memang benar sih, tapi bagi pemula mungkin tidak gampang atau bahkan setengah mati untuk mendapatkan pengunjung blog.

Nah cara yang akan saya bagikan disini mungkin dapat membantu blogger blogger pemula, terutama yang blognya kayak kuburan (sepi banget). Bukan mungkin lagi, tapi saya yakin cara ini benar benar berguna terutama bagi yang belum tahu.

Bagi kalian yang sudah pernah melakukan cara ini, mungkin artikel ini dianggap tidak berguna tapi sebagian dari kalian mungkin membutuhkan tips ini.

Tidak usah khawatir, cara ini aman buat blog kita, langsung saja kita mulai.
Satu satunya cara yang sangat umun untuk meningkatkan pengunjung blog adalah dengan cara optimasi SEO, tetapi kita tidak akan membahas seo disini.

Lalu cara seperti apa yang akan kita gunakan untuk meningkatkan pengunjung blog? Mudah plus sederhana dan tidak perlu pusing mikirin seo, karena seo akan datang dengan sendirinya.

Baik, langsung saja kita mulai dibawah ini dan jangan lupa dibiasakan agar menyediakan segelas kopi untuk menemani waktu membaca Anda.

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

Daftar bacaan yang akan dibaca

Meningkatkan Pengunjung blog dengan cara Blogwalking

Saling menukar link di grup Facebook (baca dulu)

Submit artikel di majalah online atau situs berita

Bergabung forum yang memiliki topik sejenis dengan blog kita

Beriklan di Social media
Dari daftar bacaan diatas, kita akan membahasnya secara detail, kalian tidak perlu melakukan semuanya. Pilihlah yang menurut kalian mudah, kalau saya sendiri lebih memilih nomor 1 dan nomor 2 karena caranya yang tidak ribet ribet amat. Langsung saja.

1. Meningkatkan Pengunjung Blog Dengan Cara Blogwalking


Blogwalking atau BW lumayan menguntungkan bagi kita sebagai blogger. Blogwalking merupakan cara yang paling umum dilakukan oleh para blogger di Indonesia / Dunia. Tapi tunggu dulu, Blogwalking itu apa sih?

Blogwalking adalah blogger jalan jalan. Atau lebih tepatnya seperti ini: Misalnya seorang pemilik blog yang sedang membaca artikel di blog lain, kemudian meninggalkan komentar dengan harapan agar dikunjungi balik oleh penulis artikel yang telah dibacanya.

Maksud gak sob? Jika belum maksud maka langsung saja dipraktekan dengan cara menulis komentar di artikel ini, maka saya akan mengunjungi balik blog Anda. Nah, tahu kan? itulah yang namanya Blogwalking.

Tips Blogwalking

Bagaimana caranya supaya blog kita dikunjungi balik oleh penulis blog lain? Terkadang pemilik artikel enggan mengunjungi balik blog kita, oleh karena itu saya bagikan sedikit tips berkomentar yang baik.

Ini sedikit tips supaya penulis artikel mau mengunjungi balik blog kita, bahkan bukan cuma penulisnya saja yang akan berkunjung balik, tetapi orang lain yang ikut membaca juga akan ikut mengunjungi blog kita.

Baik, langsung saja kita mulai dibawah ini:

Tips yang pertama: Jangan asal pilih artikel untuk dikomentari.

Ya, tentu saja ini pengaruh. Kita akan kasih contoh komentar yang masuk akal saja, lihat dibawah ini.

Misalkan Anda memiliki artikel yang membahas kesehatan. Di artikel Anda ada seseorang yang memberikan komentar seperti ini: "artikelnya sangat membantu saya pak, saya juga menulis artikel kesehatan lain di blog saya, mungkin kita bisa saling referensi".

Diatas adalah contoh komentar yang masuk akal dengan isi artikel.

Final: lakukanlah blogwalking di sebuah blog yang membahas jenis topik yang sama dengan blog kita.

Tips yang kedua: Berkomentarlah yang menarik.

Komentar yang menarik juga akan mendapat banyak perhatian dari penulis maupun dari pembaca lain. Contohynya berkomentarlah dengan panjang lebar dan mengandung peretanyaan.

Misalnya seperti ini:

Jika saya memiliki artikel tentang panduan blogging, maka sangat cocok jika ada seseorang berkomentar seperti ini:

"Terimakasih mas sudah berbagi, saya sudah mempraktekan semua cara yang ada di artikel ini, tetapi kenapa blog saya masih ada bagian yang kurang baik yah? bisa di tinjau dulu gak Mas?"

"Artikelnya bagus gan, saya recomend buat yang lainya deh. Oh iya, kalau tidak salah saya juga pernah menulis artikel yang topiknnya seperti ini di blog saya :-) "

Diatas hanya sebagai contoh saja, tentu saja Anda dapat menambahkan komentar yang lebih baik lagi.

Sedangkan contoh yang salah ada dibawah ini, Anda jangan coba coba menggunakan komentar yang seperti ini, atau komentar Anda akan menuh-menuhin kolom komentar saja tanpa mendapatkan kunjungan balik. Ini komentar yang seharusnya tidak digunakan:

"Artikekel yang bagus gan"
"Wah, terimakasih sudah berbagi"
"Sangat bermanfaat gan"
"wuih mantap, ditunggu kunjungan baliknya"

Sudah jelas ini adalah orang yang malas berkomentar tetapi memaksakan diri untuk meninggalkan komentar.

Backlink? Tentu saja Anda juga akan mendapatkan backlink secara otomatis ketika berkomentar di blog blog milik orang lain denga menggunakan url.

2. Saling menukar link blog di Grup Facebook


Saya sendiri sering menggunakan cara ini untuk meramaikan blog saya, ini terbukti. Yang tadinya blognya sepi banget seperti kuburan, tiba tiba kita disibukan dengan membalas komentar yang masuk ke blog kita. Dan yang komentar itu benar benar manusia, bukan robot atau spam.

Disini saya akan membagikan caranya sekaligus membagigan link grup facebook tersebut. Ingat ya sob, ini khusus untuk yang blognya sepi, kalau yang sudah rame dan banyak pengunjung sih tidak usah menggunakan cara ini.

Apa saja yang dapat kita lakukan di grup facebook tersebut? Banyak, tidak hanya menukar link dan saling mengunjungi saja, diantaranya adalah:
Saling berbagi link blog kita
Saling bantu sesama blogger
Saling suruh ngeklik iklan (not recomend)
Bisa jual beli blog yang berkualitas
Dilarang Spam
Tetapi karena judul listnya adalah "Meningkatkan pengunjung Blog dengan cara saling kunjung melalui grup Facebook". Jadi saya akan menjelaskan yang masih terkait dengan list ini saja.
Contohnya kita lihat saja gambar dibawah ini:
Sudah paham kan? Seperti itulah cara kerjanya. User di grup tersebut akan mengunjungi blog kita kemudian berkomentar dan mengeklik iklan yang ada di blog kita.

Tetapi kita juga harus membalas kepada mereka, artinya kita juga harus mengunjungi blog mereka yang sudah hadir di blog kita. Itung itung balas budi lah :-).

* ) Selain itu, ada juga kelebihan lain yang baik untuk seo. Simak dibawah ini:

Cara diatas adalah cara langsung mendapat pengunjung dari facebook dengan cara menyuruh orang, ini artinya kita mendapat pengunjung yang bukan original.

Mendapat pengunjung yang seperti ini memang tidak baik di mata google, dan akan lebih baik jika kita mendapat pengunjung dari mesin pencari (search engine), oleh karena itu sebaiknya jangan meletakan link blog kalian langsung di kiriman grup tersebut, tetapi:

Gunakan cara ini:
Pada gambar diatas terlihat bahwa link blog yang dibagikan adalah http://widara.id. Supaya lebih aman dan baik untuk seo, Anda bisa menggunakan link penelusuran google. Misalnya seperti gambar dibawah ini.



... ...

Walau bagaimanapun, Jangan sekali kali menyuruh orang untuk mengeklik iklan di blog Anda, karena ini namanya curang. Saya tidak merekomendasikan ini.

3. Submit Artikel di Majalah Online atau Situs Berita

Jujur saja cara ini belum pernah saya lakukan, oleh karena itu saya hanya akan menulis gambaranya saja. Dan untuk lebih lengkapnya Anda bisa membaca melalui link yang saya letakan dibawah list ini.

Ada banyak majalah atau situs berita yang siap menerima kiriman artikel kita, tetapi saya hanya akan menyebutkan dua saja, diantaranya adalah Viva Log dan Liputan6.

Dimulai dari Viva Log

Apa keuntunganya mengirimkan artikel ke viva log? dibawah ini saya tulis dengan sangat hati hati karena takut dibilang sok ngerti.

Keuntungan yang pertama adalah mendapatkan banyak pengunjung di blog hingga membeludak - kemudian blog kita jadi dikenal banyak orang - keuntungan berikutnya lagi adalah meningkatkan penghasilan apabila blog kita dipasangi iklan.

Bagaimana cara kerjanya? Jika saya perhatikan, sepertinya tidak begitu ribet, simak saja dibawah:

Kita mendaftar di viva log - kemudian  mengirimkan artikel - Tunggu hingga artikel kita disetujui dan di publish di situs viva - kita akan menerima email yang memberitahukan bahwa artikel kita disetujui atau tidak.

Jika artikel kita diterima, berarti blog kita akan mendapatkan banyak pengunjung yang luar biasa. Ingin lebih detail mengenai list ini bisa baca DISINI.


... ...

Kirim artikel ke liputan6

Sama halnya seperti mengirim artikel ke Viva Log. Seperti yang saya kutip dari laman resmi Citizen6 (sub dari liputan6), keuntungan mensubmit artikel di liputan6 adalah:

1. Artikel yang ada di blog kita akan dibaca oleh ratusan ribu onliner, karena selain diposting di website news.liputan6.com juga di  citizen6.liputan6.com

2. Liputan6 tidak akan menyalin seluruh artikel dalam blog kita, tapi akan menampilkan short description beserta judul dan link yang akan menuju ke artikel asli kita

3. Artikel kita akan di share ke akun twitter @liputan6dotcom dan @Citizen6

4. Artikel akan menjadi headline di website Citizen6.liputan6.com

5. Sepenuhnya Gratis...

Bagaimana? mungkin ini adalah cara yang paling Ampuh untuk meledakan pengunjung blog kita. karena pengunjung blog kita bisa mencapai ribuan orang dalam sekejap setelah artikel kita disetujui dan di tampilkan oleh liputan6.

Selengkapnya dilengkapi persyaratanya bisa Anda baca di situs resminya DISINI.

... ...


4. Ikut Forum Online yang membahas topik sejenis dengan artikel kita


Berbagai forum mungkin menerapkan peraturan yang berbeda-beda, biasanya kita tidak boleh asal promosi saja atau melakukan spam, tetapi kita harus benar benar menjadi anggota forum tersebut. Atau lebih jelasnya kita harus memiliki reputasi yang baik di forum tersebut.

Banyak sekali forum di indonesia yang bisa dimanfaatkan untuk berpromosi, misalnya detik forum, kompasiana forum, kaskus, dan lain lain. Selain meningkatkan pengunjung, forum juga berguna untuk memperkenalkan diri kita.

Kita juga bisa mencari forum yang sesuai dengan topik blog kita. Misalnya kita memiliki blog teknologi, maka kita bisa bergabung di forum yang khusus membahas teknologi.

Silahkan searching forum yang sesuai dengan blog Anda di Google atau Bing



arTapi, bagaimana cara melakukan promosi di forum? Nemu forum bagus, rame dan cocok. Tapi percuma saja jika kita tidak bisa melakukan promosi yang baik dan ben.

Satu satunya kunci untuk melakukan promosi di forum adalah dengan tidak melakukan spam. Lalu bagaimana caranya? Yaitu dengan merekomendasikan blog kita kepada mereka yang membutuhkan. Tapi bukan semudah itu, dibawah ini saya jelaskan.

- Pertama, Bergabunglah ke forum tersebut dan jadilah yang berguna dengan cara memberikan solusi untuk member lain.

- Bangun kepercayaan terlebih dahulu sebelum menyarankan orang lain untuk mengunjungi blog kita.

- Bila kita bergabung dalam forum hanya untuk berpromosi, maka kemungkinan besar akun kita akan di-banned oleh moderator forumnya.

- Pasanglah signature atau deskripsi yang mengarah ke blog kita.


5. Beriklan di Social Media


Kita semua tahu bahwa iklan itu merupakan solusi yang pasti, tetapi untuk beriklan kita perlu mengeluarkan dana yang tidak sedikit.

Oleh karena itu cara ini tidak saya rekomendasikan buat para blogger. Tetapi saya rekomendasikan buat para business.

Tapi banyak juga blogger blogger di indonesia yang melakukan iklan di Facebook. Ya, itu adalah mereka yang sudah bisa mendapatkan uang dari blognya. Mungkin suatu saat Anda juga akan beriklan tetapi nunggu sukses dulu. :-)

14 Komentar untuk "5 Cara Jitu Meningkatkan Visitor Blog yang SEPI Pengunjung"

  1. Jangan sungkan untuk mencoba cara ini guys...

    BalasHapus
  2. Wahhh tips bagus gann... thx infonya

    BalasHapus
  3. emang bisa ya submit artikel di liputan6? wah baru ngerti hehee tengkiu infonya gan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa gan, tapi syaratnya yang lumayan ribet, Silahkan dicoba... Toh sudah banyak yang berhasil.

      Hapus
    2. oke siap...langsung praktek :D

      Hapus
  4. Balasan
    1. Terimakasih kembali gan, mudah-mudah-mudahan bisa membantu.

      Hapus
  5. Terima kasih atas tutornya, mau nyoba tutornya min :D

    BalasHapus
  6. Terima kasih atas tutornya, mau nyoba tutornya min :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih kembali, semoga bisa membantu.

      Hapus
  7. Terimakasih mas sudah berbagi, Alhamdulillah sudah saya jalankan tetapi mengapa masih saja visitor blognya rendah. apa ada yang salah dengan blog yang saya kelola ?

    BalasHapus
  8. Saya sudah daftar di vivalog tapi yang saya bingung itu bagimana cara menautkannya/mengirimnya ke vivalog soalnya saya klik tombol kirim kog gak bisa

    BalasHapus
  9. kepala saya mau pecah min, susah banget ya sekarang bikin artikel teknologi :3

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel