Alasan Kenapa Kita Sering Mendapat Visitor Blog Dari Luar Negeri

Kengapa blog kita sering mendapat visitor atau pengunjung dari luar negeri, padahal blog kita adalah blog yang menggunakan bahasa indonesia? Apakah mereka mengerti bahasa kita? Atau apakah mereka menggunakan google translate untuk membaca blog kita? Jawabannya adalah : "Bisa Jadi, Tapi...!"

Screnshoot pada statik wordpress.

Ini yang kerap kali menjadi pertanyaan bagi para blogger pemula. Sebenarnya siapa sih orang luar yang suka mengunjungi blog bahasa indonesia?

Perhatikan baik baik.
Yang mengunjungi blog kita ada dua kemungkinan yaitu antara bot dan manusia. Kita akan mulai dari yang pertama yaitu bot (robot).

1. Mendapat visitor dari bot (robot).

Bot sendiri adalah sebuah sistem yang diciptakan khusus untuk merayapi berbagai situs di seluruh dunia.

- Misalnya Google memiliki googlebot yang difungsikan untuk merayapi situs situs online yang akan ditampilkan di search engine miliknya.

- Archive.org memiliki bot yang digunakan untuk merekam tampilan seluruh situs web yang pernah ada dari waktu ke waktu.

- Bot visitor, ini merupakan bot yang diciptakan oleh seseorang dan difungsikan khusus untuk mengunjungi situs situs tertentu, atau disebut juga dengan istilah jingling.
Bot ini yang sering digunakan oleh penyedia jasa visitor. Jika blog kita menggunakan bot ini maka blog kita akan mendapat pengunjung hingga puluhan ribu dalam satu hari.

Dan masih banyak bot lainya yang beda pula fungsinya, dan server dari mereka terletak di berbagai negara seperti di Amerika, Eropa, Singapura, dan lain-lain.

Jadi jangan heran ketika bot milik mereka yang berada di luar negeri mulai menjelajah blog kita.

... ...

Apa untungnya jika blog kita mendapat visitor bot? dan Apa efek buruknya jika blog kita dikunjungi oleh bot?

Keuntungan yang pertama :

Jika bot yang merayapi blog kita adalah bot milik mesin pencari, bisa jadi ini merupakan keuntungan bagi kita karena kemungkinan besar blog kita akan mumcul di mensin pencari seperti google, bing, yahoo, dan lain-lain.

Keuntungan yang kedua :

Jika kita mendapat pengunjung dari bot visitor (jingling), maka blog kita akan mendapatkan puluhan ribu pengunjung tanpa harus memikirkan seo.

Ini sangat cocok buat yang bermain curang dengan blackhat adsense.


Keuntungan yang ketiga :

Jika blog kita memiliki banyak pengunjung maka alexa rank blog kita akan meningkat, terlebih jika blog kita mendapat sekian banyak pengunjung dari berbagai negara, meskipun yang mengunjungi adalah sebuah robot.

Kerugian mendapat bot jingling :

1-) Percuma saja kita mendapat sekian banyak pengunjung karena pengunjung tersebut hanya sebuah robot dan tidak bisa menilai blog kita.

2-) Rata-rata bot jingling akan mengunjungi blog kita hanya dalam waktu kurang dari satu detik, ini merupakan hal yang buruk bagi yang mengandalkan seo.

Jika blog kita dipasangi script google analytic, kemungkinan google akan mendeteksi bahwa blog kita merupakan blog yang buruk - karena pengunjung bot hanya bertahan kurang dari satu detik. Ini bisa bisa blog kita tidak akan pernah muncul di mesin pencari.

3-) Kita jadi tidak tahu, mana pengunjung asli dan mana pengunjung bot. Selain itu kita akan kesulitan jika ingin mengembalikan seperti semula.

... ...

2. Mendapat Visitor Dari Orang Luar

Mungkinkah orang bule yang akan mengunjungi blog kita? menurut saya pribadi sih bukan, tetapi:

Secara logika orang yang tidak bisa berbahasa indonesia tidak mungkin akan membaca tulisan yang menggunakan bahasa indonesia, kecuali menggunakan translate.

Jadi jawabanya adalah :

1. Orang Indonesia yang menggunakan VPN (custom IP luar negeri), ini bertujuamn untuk mengakses situs situs yang di blokir oleh pemerintah indonesia. Saya sendiri sering menggunakan VPN ketika mengunjungi blog kalian. Ini sudah dibuktikan dengan banyaknya aplikasi VPN di Android yang di instal oleh orang indonesia.

2. Orang Indonesia yang sedang jalan-jalan atau tinggal di luar negeri.

3. Orang luar negeri yang sedang belajar bahasa indonesia atau sudah bisa berbahasa indonesia.

* Cara yang paling masuk akal adalah cara nomor 1.
... ...


Final:

Mengapa blog kita yang berbahasa indonesia sering mendapatkan pengunjung dari luar negeri?

- Karena banyak sekali robot dari berbagai negara yang ditugaskan untuk merayapi situs-situs di seluruh dunia.
- Banyak juga orang indonesia yang mengkustom alamat IP pada komputer mereka, menjadi IP luar negeri.
- Bisa jadi karena orang Indonesia yang sedang bekerja atau tugas di luar negeri.

Belum ada Komentar untuk "Alasan Kenapa Kita Sering Mendapat Visitor Blog Dari Luar Negeri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel