Cara Ampuh Menulis Artikel Berkualitas dan SEO Friendly

Awalnya saya hanya iseng mencoba searching tentang "cara menulis artikel berkualitas". Waw, banyak sekali tutorial-totorial tentang menulis artikel, tapi setelah saya baca, tutorial tersebut cuma membuat saya bingung dan garuk-garuk kepala. Meskipun saya menemukan artikel yang gaya tulisanya menjanjikan tapi tetap saja itu cuma rayuan dan ujung ujungnya disuruh membeli E-book.

Kali ini saya akan membagigan cara yang sangat mudah dalam menulis artikel berkualitas dan mendukung SEO sekaligus membuat pengunjung betah di blog Anda.

Artikel bisa dibilang berkualitas apabila :

A. Mampu membuat pembaca betah dan bertahan

B. Disukai search engine seperti Google dan Bing

C. Terdapat paragraf refreshing (tidak wajib)

Bagaimana caranya supaya artikel Anda memenuhi syarat diatas? Mari kita buka rahasianya.

Cara menulis artikel berkualitas  bagian 1

Buatlah pembaca betah, bertahan dan tersenyum ( Friendly )

Friendly, bukan hanya untuk mensin pencari saja, tetapi pembaca juga harus dibuat bangga. Bagaimana caranya membuat pembaca betah? Kami ulas menjadi 6 tahap dibawah ini yaitu :


1. Sertakan tulisan menarik di paragraf pertama ( ini kuncinya )

Cara ini akan membuat pembaca tertarik untuk terus membaca paragraf berikutnya.

Misalnya judul artikelya adalah “Cara Root Android” => Di paragraf pertama penulis biasanya menjelaskan apa itu Root Android dan sebagainya. Cara ini sebenarnya tidak perlu. Karena pembaca sebenarnya sudah tau apa itu Root Android, ini hanya membuat artikel anda di pandang tidak bermanfaat karena kebanyakan basa basi yang tidak penting.

Kemudian si pembaca akan langsung scroll ke isi artikel Anda, ini tidak masalah. Tetapi demi meningkatkan kualitas artikel, sebaiknya Anda menyertakan tulisansan menarik di paragraf pertama misal : pengalaman ketika Anda memulai proses root, atau alasan mengapa Anda membagikan tutorial root.

Ini akan membuat pembaca penasaran dengan pengalaman Anda, sehingga mereka tertarik untuk membaca semuanya, bahkan seolah olah mereka ikut merasakan seperti apa rasanya jadi Anda.

2. Lengkapi artikel dengan gambar yang menarik (Gagal Fokus)

Gambar seperti apa yang tepat untuk artikel Anda? Gunakan gambar yang bisa membuat pembaca menjadi “GAGAL FOKUS” namun masih berkaitan dengan artikel Anda. Apa gunanya meletakan gambar gagal fokus di artikel? Ini akan membuat pembaca membayangkan gambar tersebut. Dan artikel anda kemungkinan akan susah untuk dilupakan pembaca.

Letakan gambar pada bagian yang tepat, misalnya di akhir artikel, sebelum paragraf terakhir. Cara ini bertujuan untuk membuat pembaca terhibur setelah usai membaca artikel Anda.
 ...

3. Hindari penulisan kata yang di ulang ulang ( Mengapa? )

Misalnya : Di paragraf pertama Anda menemukan kalimat “Cara menghilangkan jerawat secara alami”, di paragraf ke 3 dan ke 5 Anda juga menemukan kalimat yang artinya sama. Mengulang arti kata yang sama hanya akan membuat pembaca cepat bosan dan menganggap artikel Anda kurang profesional.

 ...

4. Gunakan bahasa yang mudah di mengerti ( Wajib )

Coba fikirkan, apakah gaya tulisan Anda mudah dipahami orang lain? Apakah susunan kata dan kalimatnya sudah enak dibaca? Sebagian pembaca mungkin tidak mengerti apa artinya kata yang Anda tulis karena Anda terlalu sering menggunakan kata baku. Coba baca ulang sebelum diterbitkan.

Meskipun Anda ahli bahasa, bukan berarti Anda harus menulis dengan gaya dan bahasa Anda yang membuat orang kebingungan. Misalnya Anda menulis dengan bahasa Indonesia yang dicampur dengan bahasa inggris dan dicampur lagi dengan kata baku.

Perlu di ingat, Untuk siapa Anda menulis artikel? Apakah untuk orang orang pintar? Untuk pebisnis? Untuk orang orang  yang tidak pintar?

Contoh: Jika Anda menulis tutorial tentang cara mendaftar Go-Jek, Anda pasti tau siapa yang akan membaca artikel Anda, sebaiknya jangan gunakan kata baku, karena tukang ojek pasti tidak begitu paham dengan kata baku, jadi gunakan saja kalimat yang sederhana dan mudah dimengerti untuk semua kalangan.

...

5. Ulas sedetail mungkin ( fokus )

Ulasan yang kurang lengkap hanya akan membuat pembaca kecewa, Artikel yang tidak fokus sepertinya kurang bermanfaat. Fokuslah membahas topik pada suatu artikel.


6. Tinjau kembali sebelum di terbitkan

Jangan sampai ada kalimat yang susah dimengerti oleh pembaca. Saya yakin banyak sekali kalimat atau kata yang harus di edit sebelum artikel diterbitkan. Anda bisa baca artikel di wikipedia, Menurut saya artikel di wikipedia susah dimengerti.

 ... ...

Cara menulis artikel berkualitas bagian 2

Optimalkan SEO


Berhubung judul artikel ini adalah Cara mudah menulis artikel berkualitas, maka saya tidak akan menjelaskan tips seo. Tetapi Saya akan menjelaskan bagaimana caranya membuat artikel disukai mesin pencari. Apa yang harus diperhatikan? kami ulas menjadi dua tahap yaitu :


1. Isi konten

Google, bing, yahoo, mysearch, ask.com, dan lain lain. Mereka adalah mesin pencari ( search engine ). Situs seperti apa yang akan mereka utamakan untuk di index? Tentu saja situs yang memiliki konten berkualitas, dan untuk membuat konten berkualitas adalah dengan cara mempraktekan cara diatas.

Tetapi:
Search engine tidak menyukai konten bajakan, misalnya tulisan hasil copas atau gambar hasil nyuri di google tanpa ijin, sebaiknya jangan menggunakan gambar yang memiliki hak cipta di artikel Anda kecuali Anda memiliki ijin untuk menggunakanya.


2. Jumplah Kata


Search engine menyukai artikel dengan jumplah kata lebih dari 800 kata. Mengapa harus menambahkan banyak kata?


A. Dengan menambahkan banyak kata, maka secara otomatis artikel akan lebih banyak mengandung keyword.

B. Artikel yang memiliki lebih dari 1000 kata akan diutamakan oleh google dibandingkan artikel yang memiliki sedikit kata.


Jadi mulai sekarang Anda harus menulis artikel yang lebih panjang, dan memiliki kata yang lebih banyak.

... ...

Semoga artikel ini dapat membantu Anda.. Selamat berkarya!


Selanjutnya adalah Bonus

Ketiga : Paragraf yang tidak harus Anda baca

Sebenarnya dari tadi saya ingin menanyakan sesuatu. Apakah Anda mempunyai seseorang yang selalu mendukung karyamu?

Contoh :

Dia adalah seseorang yang memotifasi saya untuk terus berkarya.

Dilarang Minta Nomor HPnya ya!…

4 Komentar untuk "Cara Ampuh Menulis Artikel Berkualitas dan SEO Friendly"

  1. haduh :3 ada motivasinya tuh. aku malah belum dapet cewek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak dapet cewek ga papa gan, yang penting dapet pengunjung :-)

      Hapus
  2. Mantap Mas, Kata Katanya Detail, Saya suka saya suka :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Mas Rudy. Tapi jangan berlebihan karena sebenarnya saya itu masih belajar. :-)

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel